PERESMIAN NAMA JALAN KH.M.BASYARUDDIN

Admin Margoagung 30 Agustus 2022 14:10:10 WIB

MARGOAGUNG (SID). Peresmian nama Jalan KH.M.Basyaruddin di jalan poros Watukarung Margoagung Seyegan Sleman berlangsung pada hari Minggu,28 Agustus 2022 oleh Lurah Margoagung bertempat di lokasi Masjid Baiturokhmah Watukarung. Dalam peresmian nama jalan tersebut dihadiri oleh Panewu Seyegan, Danramil dan Kapolsek Seyegan, Kepala KUA Seyegan, Ketua BPKal Margoagung dan semua anggota, semua Pamong Kalurahan Margoagung, Kepala Sekolah di lingkungan Watukarung dan tokoh masyarakat di Watukarung.

Peresmian nama jalan KH.M.Basyarudin oleh Lurah Margoagung ditandai dengan penyerahan foto KH.M.Basyaruddin dilanjutkan kata- kata peresmian, potong pita, potong tumpeng dan penyerahan SK Lurah tentang Penetapan Nama Jalan KH.M.Basyaruddin kepada Dukuh Watukarung.

Dalam peresmian nama jalan tersebut dimeriahkan dengan Kirab Bregodo yang membawa panji- panji almarhum KH.M.Basyaruddin, Hadroh, Sholawat Berjanji, Tari- Tarian Kalurahan Budaya, remaja Watukarung dan MTs N 1 Sleman.

Panewu Seyegan, Drs.Yakti Yudanto dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kalurahan Margoagung dan masyarakat Watukarung yang telah berinisiasi memberikan nama jalan KH.M.Basyaruddin sebagai bentuk penghargaan atas perjuangan dan pengabdian beliau, salah satu bukti adalah pendirian lembaga formal dari TK/ RA, MI, MTs maupun SMK yang telah berdiri dan dimanfaatkan masyarakat.

“Kapanewon Seyegan akan membantu mengusulkan kepada Bupati Sleman agar nantinya bisa ditetapkan resmi menjadi nama jalan kabupaten ini dengan nama Jalan KH.M.Basyaruddin,” lanjut sambutannya.

Djarwo Suharto selaku Lurah Margoagung menyampaikan bahwa dalam pemberian nama jalan ini adalah sebagai kearifan lokal mengakomodir kehendak masyarakat dan sebagai awal untuk mengusulkan nama jalan tersebut kepada Bupati agar bisa diabadikan resmi menjadi nama jalan poros Watukarung sebagai penghargaan KH.M.Basyaruddin sebagai tokoh yang sudah banyak berjuang membina masyarakat lewat syiar agama Islam di Margoagung khususnya dan Sleman pada umumnya.

Sugiyatna sebagai koordinator dalam pelaksanaan peresmian nama jalan tersebut dan sekaligus sebagai tokoh masyarakat di Watukarung menambahkan informasi tentang riwayat perjuangan beliau Simbah KH.M.Basyarudin adalah :

 

Pendidikan Ponpes :

  1. Ponpes Watucongol Magelang
  2. Ponpes Pokoh Tempel
  3. Ponpes Ngebong Tempel
  4. Ponpes Jumeneng Mlati
  5. Ponpes Termas Jatim

Perjuangan Agama                 :

  1. Sepulangnya dari belajar di Pondok Pesantren ( tahun 60an) terus membina umat di berbagai wilayah di tengah kondisi dan situasi politik yang tidak stabil. Perjuangan syiar agama tanpa mengenal lelah meskipun dengan tantangan dan perwalanan yang tidak sedikit, akhirnya umat/jamaah semakin banyak baik yang di Watukarung sendiri maupun di luar wilayah bahkan sampai wilayah Kecamatan Seyegan, Minggir ataupun Tempel. Hal ini ditandai berdirinya surau, langgar/ mushola, ataupun masjid di berbagai daerah dan kegiatan- kegiatan jamaah yang semakin ramai dibawah pembinaannya.
  2. Di organisasi keagamaan NU dari tingkat desa sampai tingkat kabupaten cukup aktif, dan sekitar tahun 1992 atas dukungan Pemda Sleman beliau bisa menunaikan ibadah haji.
  3. Mewakafkan tanah sekitar 500 m2 untuk masjid Baiturokhmah Watukarung

            Perjuangan Pendidikan           :

  1. Untuk syiar agama menempuh berbagai cara termasuk dengan mendirikan pendidikan formal/ non formal yakni :
    1. Madrasah Ibtidaiyah (Mi) sekitar th 65
    2. MTs Seyegan ( sekitar tahun 1969) dan dinegerikan sekitar th 1974
    3. SMEA Ma’arif (sekitar tahun 1994)
    4. RA Mashitoh (tahun 2007) oleh putra almarhum
    5. Pesantren Diniyah ( TPA) di masjid Baiturokhmah
    6. Pondok Pesantren ( perintisan )
  2. Pada saat sekolah belum memiliki gedung, rumahnya direlakan untuk kegiatan belajar mengajar siswa.

 

(MasGie)

 

https://sinkal.jogjaprov.go.id/margoagung

https://wa.me/6287812093319

Komentar atas PERESMIAN NAMA JALAN KH.M.BASYARUDDIN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar