MALAM PERINGATAN SATU DASAWARSA KEISTIMEWAAN DIY DI MARGOAGUNG

Admin Margoagung 01 September 2022 02:28:42 WIB

MARGOAGUNG (SID). Pada hari Selasa tanggal 30 Agustus 2022 jam 20.00 wib di Kalurahan Margoagung oleh Pemerintah Kalurahan Margoagung diselenggarakan malam tirakatan dalam rangka peringatan satu dasawarsa Keistimewaan DIY yang jatuh pada tanggal 31 Agustus 2022, dengan dihadiri oleh Lurah dan semua Pamong Kalurahan dan staf, Ketua BPKal dan semua anggota serta Lembaga Kemasyarakatan Kalurahan.

Acara malam tirakatan diisi dengan kegiatan tradisi kenduri sebagai tasyakuran dan ikrar bersama sebagai wujud komitmen masyarakat Margoagung akan ikut melaksanakan amanat UU Keistimewaan DIY dalam kehidupan bermasyarakat. Selesai prosesi acara dilanjutkan dengan menyaksikan pentas karawitan hasil binaan Kalurahan Budaya Margoagung, sesuai pemantauan penulis.

Djarwo Suharto selaku Lurah Margoagung dalam sambutannya menyampaikan harapan agar masyarakat nantinya lebih sejahtera, berperilaku dan bersikap semakin baik dalam kehidupan bermasyarakat setelah adanya UU Keistimewaan DIY ini, karena setelah adanya UU Keistimewaan DIY ini masyarakat DIY mendapat kucuran dana dari APBN berupa dana keistimewaan yang bisa untuk membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pelestarian budaya adi luhung.

Dalam sambutannya,Sigit Praptono,ST selaku Ketua BPKal menjelaskan jika keistimewaan DIY bisa menjadi pedoman untuk mencapai kesejahteraan dan ketenteraman masyarakat, selain itu juga merupakan momentum introspeksi diri.

“Peringatan Satu Dasawarsa Keistimewaan DIY bisa menjadi momentum kita semua untuk introspeksi diri. Tentang apa saja yang sudah kita alami dan kita lakukan,” ujarnya.

"Pada malam tirakatan seperti ini juga bisa sebagai momentum untuk berkaca sejauh mana tujuan-tujuan keistimewaan DIY telah terealisasi khususnya di lingkup kalurahan, terlebih Gubernur DIY melalui Pergub No 2 Tahun 2020 tentang pedoman pemerintahan kalurahan telah menetapkan kalurahan sebagai pemangku keistimewaan. Dengan demikian lurah dan pamong turut terlibat dalam urusan-urusan keistimewaan meliputi kebudayaan, tata ruang, pertanahan dan kelembagaan,"katanya.

(MasGie)

https://sinkal.jogjaprov.go.id/margoagung

https://wa.me/6287812093319

Komentar atas MALAM PERINGATAN SATU DASAWARSA KEISTIMEWAAN DIY DI MARGOAGUNG

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar