PENCANANGAN HARI JADI KALURAHAN MARGOAGUNG

Admin Margoagung 08 September 2022 23:21:53 WIB

MARGOAGUNG (SID). Pada tanggal 6 September 2022 di Balai Kalurahan Margoagung dilakukan pencanangan Hari Jadi Kalurahan Margoagung dengan dihadiri Lurah dan semua Pamong Kalurahan, Ketua BPKal dan semua anggota beserta Lembaga Kalurahan yang ada.

Pada kesempatan tersebut Sugiyatna selaku koordinator acara menyampaikan tentang agenda yang akan dilaksanakan dalam pencanangan yaitu pembacaan SK Lurah Margoagung tentang Penetapan Hari Jadi Kalurahan Margoagung dan diteruskan pembacaan sejarah singkat Hari Jadi Kalurahan Margoagung. Untuk memantapkan adanya penetapan hari jadi Margoagung juga disampaikan kesaksian dari pemanggku sejarah Kalurahan Margoagung (Bapak Drs.Sudarsi Sudarisman) yang menyampaikan memorial perjalanan Kalurahan Margoagung. Setelah memorial selesai dilanjutkan potong tumpeng sebagai wujud syukur kehadlirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa atas anugrah yang berikan untuk Kalurahan Margoagung juga sebagai pengharapan semoga kedepannya bisa lebih maju dan sejahtera.

Bapak Drs.Sudarsi Sudarisman dalam menyampaikan memorial perjalanan Kalurahan Margoagung, bahwa setelah Indonesia Merdeka yaitu tahun 1946 terjadi penggabungan 3 (tiga) Kalurahan Lama yaitu Kalurahan Lama Watukarung, Kalurahan Lama Ngino dan Kalurahan Lama Gentan menjadi satu organisasi pemerintahan dengan nama Pemerintah Kalurahan Margoagung. Hal ini ditandai adanya pemilihan Lurah yang pertama yaitu pada hari Sabtu Pahing, 7 September 1946 dengan nama Lurah Bapak RP. Hardjopandojo dari Krapyak IX.

Bapak Djarwo Suharto selaku Lurah Margoagung menyampaikan juga bahwa dalam rangka memantapkan adanya kepastian hari jadi Kalurahan Margoagung juga mencari sumber – sumber informasi yang bisa dipercaya diantaranya keluarga langsung almarhum Lurah pertama, para pemangku sejarah atau tokoh- tokoh sepuh yang ada juga mengumpulkan referensi data- data yang masih ada di Kalurahan Margoagung.

“Kami meyakini kebenaran sejarah bahwa pemilihan Lurah pertama adalah hari Sabtu Pahing, tanggal 7 September 1946,” ujar Lurah Margoagung.

“Sebagai dasar pengesahan hari jadi Kalurahan Margoagung maka ditetapkan hari pemilihan Lurah pertama dijadikan hari lahirnya Kalurahan Margoagung dan ditetapkan dengan SK Lurah Margoagung Nomor 32/KPTS.Lurah.MA/2022 tanggal 6 September 2022 tentang Hari Jadi Kalurahan Margoagung,” lanjut penjelasannya.

R.Edi Yulianto mantan Lurah Margoagung secara terpisah juga menyampaikan apresiasi atas ditetapkannya hari jadi Kalurahan Margoagung. Tentang adanya maklumat Kasultanan dan Pakualaman No. 5 Tahun 1948 tanggal 19 April 1948 tentang penetapan kalurahan se DIY, dan Kalurahan Margoagung menetapkan hari Jadi Kalurahan pada tanggal 7 September 1946 itu tidak masalah, hal ini dipahami bahwa di Margoagung itu sebagai fakta sejarah sebagai sejarah lokal yang dijadikan dasar penetapan hari jadi dan akan lebih bermakna lagi kalau sejarah lokal ini sebagai pijakan khasanah pengembangan budaya pada umumnya.

 

(MasGie)

https://wa.me/6287812093319

 

Dokumen Lampiran : PENCANANGAN HARI JADI KALURAHAN MARGOAGUNG


Komentar atas PENCANANGAN HARI JADI KALURAHAN MARGOAGUNG

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar