PENGUKUHAN FORKOM UMKM "AGUNG NGREMBOKO" KALURAHAN MARGOAGUNG

Admin Margoagung 06 Oktober 2022 17:28:38 WIB

MARGOAGUNG (SID). Pada hari Rabu, 5 Oktober 2022 dilakukan pengukuhan Pengurus Forum Komunikasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah “Agung Ngremboko” Kalurahan Margoagung periode 2022 – 2025 oleh Lurah Margoagung di Balai Kalurahan Margoagung.

Sesuai Surat Keputusan Lurah Margoagung Nomor 33/KPTS.Lurah.MA/2022 bahwa susunan pengurus adalah :

  1. Ketua : Sulistiyono
  2. Sekretaris : Sumaryati
  3. Bendahara : Rahayu
  4. Koordinator – Koordinator

Rini Nurhidayati, S.Sos, MM mewakili Panewu Seyegan dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas dikukuhkannya kepengurusan Forum Komunikasi UMKM Kalurahan Margoagung periode 2022-2025 dan mengucapkan selamat bekerja semoga diberikan kelancaran dan kesuksesan dalam mengorganisir dan memajukan semua potensi UMKM di Margoagung. “Bahwa di Margoagung cukup banyak UMKM yang sudah berjalan dan eksis perlu didata dan dihimpun dalam wadah forum ini,” ujar Rini.

Dalam kesempatan yang sama Lurah Margoagung juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kalurahan Margoagung siap memfasilitasi dan memdampingi atas keberadaan Forkom UMKM ini, dan berharap agar kepengurusan ini lebih aktif dan koperatif untuk menjalin komunikasi dengan berbagai pihak termasuk instansi terkait guna mendapatkan pembinaan dan akses lainnya.

Parjiyo,S.Pd selaku Pendamping Desa Kalurahan Margoagung secara terpisah mengatakan, UMKM desa mempunyai peran cukup strategis pada pembangunan ekonomi dalam skala nasional.

"Selain di perkotaan, UMKM desa juga dipandang mempunyai prospek yang bagus di masa mendatang untuk pemulihan ekonomi," ucapnya.

Bahkan, kata dia, pemerintah selalu mendorong UMKM di ranah pedesaan untuk bisa maju dan berasing dengan jenis usaha lain dalam kancah internasional.

UMKM yang dijalankan di pedesaan ternyata mempunyai berbagai manfaat, terutama untuk perekonomian nasional.

Beberapa di antaranya dapat menyumbang nilai PDB (Produk Domestik Bruto), bahkan di Indonesia, UMKM desa merupakan salah satu penyumbang terbesarnya.

 

Penulis menilai, UMKM desa juga bisa menjadi solusi yang efektif dalam mengatasi permasalahan ekonomi pada kelas kecil sampai menengah.

"Tak hanya itu saja, UMKM di desa juga mampu mengurangi pengangguran dengan membuka lapangan pekerjaan yang baru," jelasnya.

 

(MasGie)

 

https://sinkal.jogjaprov.go.id/margoagung

https://wa.me/6287812093319

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar