Kalurahan Budaya Margoagung Mengukir Prestasi Tingkat DIY

Admin Margoagung 10 Desember 2022 07:22:34 WIB

MARGOAGUNG (SID). Kalurahan Margoagung sebagai Rintisan Kalurahan Budaya Mandiri, dalam pelaksanaan gelar potensi tahun 2022 yang diselenggarakn oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai ajang penilaian hasil pendampingan budaya yakni ditetapkan sebagai JUARA 2 se Daerah Istimewa Yogyakarta. Penilaian gelar potensi Kalurahan Budaya 2022 diikuti 76 Kalurahan/ Kelurahan Budaya se DIY yang penyelenggaraannya di Kabupaten/ Kota masing- masing dari bulan Oktober – November 2022.

Gelar potensi adalah pentas budaya dan pameran produk UMKM ekpresi budaya unggulan dari 76 Kalurahan/Kelurahan Budaya yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tujuan dari gelar potensi ini adalah untuk melindungi keberadaan potensi di Kalurahan/ Kelurahan Budaya dalam wadah ekspresi yang kreatif dan inovatif dengan tidak mengubah nilai-nilai esensialnya sebagai sarana pembinaan dalam bentuk fasilitasi penyelenggara event dan kompetisi untuk mempromosikan dan mengukur tingkat kemajuan Kalurahan/ Kelurahan Budaya DIY.

Gelar Potensi Kalurahan/Kelurahan Budaya tahun 2022 memiliki tema besar “RUWAT BUMI”.

Dengan beberapa keberhasilan Kalurahan Margoagung dalam pengelolaan Kalurahan Budaya, pada tahun 2023 ditetapkan sebagai Rintisan Kalurahan Budaya Mandiri dan mendapatkan bantuan dana keistimewaan BKK Kebudayaan DIY sejumlah Rp.400.000.000 dan diharapkan tahun 2024 sudah menjadi Kalurahan Budaya Mandiri dan akan mendapatkan bantuan dana BKK Kebudayaan 1 M bahkan bisa lebih. Dana tersebut tidak hanya diperuntukkan kegiatan bidang kesenian namun bisa untuk sarana prasarana dan pemberdayaan yang menunjang pengembangan budaya dan pariwisata.

Selamat atas prestasi Kalurahan Budaya Margoagung, pertahankan dan tingkatkan yang lebih baik lagi.

(MasGie).

 

https://sinkal.jogjaprov.go.id/margoagung

https://wa.me/6287812093319

 

 

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar