Peringatan Hari RPL Desa 2023

GIYATNA 03 Maret 2023 01:11:24 WIB

MARGOAGUNG (SID). Perlu diketahui Hari RPL Desa yang jatuh pada tanggal 3 Maret adalah hari yang ditetapkan oleh Kemendes PDTT melalui Kepmendes PDTT No. 110 Tahun 2022. Puncak peringatan Hari RPL Desa Tahun 2023 akan dilaksanakan di Bojonegoro, Jawa Timur.

RPL Desa atau Rekognisi Pembelajaran Lampau Desa adalah sebuah program yang bertujuan untuk memberikan pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal atau nonformal atau informal, dan/atau pengalaman kerja ke dalam pendidikan formal di tingkat S1, S2, atau S3.

Program ini merupakan bagian dari upaya pemberdayaan masyarakat desa dan pembangunan desa yang lebih baik.

Cara Daftar RPL Desa

Untuk dapat mengikuti program RPL Desa, terdapat beberapa tahapan yang harus diikuti, antara lain:

  • Daftar ke Perguruan Tinggi Penyelenggara yang ditunjuk oleh Kemendes PDTT.
  • Ikuti proses seleksi yang dilakukan oleh Kemendes PDTT bersama Perguruan Tinggi Penyelenggara.
  • Menandatangani kontrak komitmen untuk melakukan pengabdian minimal 2 kali masa beasiswa setelah lulus studi.

 

Program RPL Desa

Program RPL Desa merupakan program beasiswa yang diselenggarakan oleh Kemendes PDTT bersama Perguruan Tinggi Penyelenggara dan Penyandang Dana. Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada penggiat desa desa untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi dan mendapatkan gelar S1, S2, atau S3. Selain itu, program ini juga meminta peserta untuk mengabdikan diri di desa minimal 2x masa beasiswa.

 

Kampus Penyelenggara RPL Desa

Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan Universitas Negeri Semarang (UNNES) merupakan beberapa Perguruan Tinggi Penyelenggara yang ditunjuk oleh Kemendes PDTT untuk melaksanakan program RPL Desa. Melalui kerjasama dengan Perguruan Tinggi tersebut, masyarakat desa dapat mengikuti pendidikan formal dengan beasiswa RPL Desa dari Kemendes PDTT.

RPL Desa Bojonegoro

Kabupaten Bojonegoro merupakan salah satu kabupaten yang menjadi tuan rumah puncak peringatan Hari RPL Desa Tahun 2023. Kabupaten ini telah mengembangkan program RPL Desa yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM di desa dan membantu perangkat desa dalam mengenyam pendidikan di perguruan tinggi.

 

RPL Tipe A

RPL Tipe A merupakan salah satu jenis RPL Desa yang ditujukan untuk masyarakat desa yang memiliki pengalaman kerja di bidang tertentu dan ingin mengakui pembelajaran yang telah diperoleh dari pengalaman tersebut. Masyarakat desa yang memenuhi syarat dapat mengikuti program RPL Tipe A tanpa harus mengikuti pendidikan formal.

 

(MasGie)

https://updesa.com/beasiswa-rpl-desa/

 

 

 

Komentar atas Peringatan Hari RPL Desa 2023

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar