PELAYANAN TERPADU SISTEM APLIKASI CEPAT

Admin Margoagung 25 November 2021 06:53:15 WIB

Sebagai tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bahwa setiap instansi untuk siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan Sisitem Pelayanan Terpadu dengan teknologi digital. Desa Margoagung sebagai lembaga pemerintah yang terbawah yang langsung bersentuhan dengan masyarakat terus berbenah diri berusaha adanya peningkatan sistem pelayanan menuju kepada PELAYANAN PRIMA dengan penerapan sistem digital. Petugas pelayanan sudah tidak lagi menggunakan pembukuan tulis menulis, semua tercaver dan terintegrasi pada satu aplikasi, tinggal input/ pencarian data sesuai permohonan dan hasilnya langsung terdokumen pada aplikasi.

Masyarakat pemohon dengan mekanisme dan prosedur sesuai SOP yang telah ditetapkan langsung datang di kantor kalurahan di loket layanan terpadu dan dalam waktu 5 - 15 menit sesuai permohonan jenis surat sudah bisa terpenuhi, produk layanan sudah cetak selesai (layanan selesai). Hasil input terdokumentasi dan terintegrasi masuk form-form dengan fitur yang lengkap dan bisa diakses kepada leding sektor lainnya sebagai bahan laporan dan penyusunan program bidang lainnya.

Mekanisme pengurusan surat :

  1. Masyarakat pemohon minta pengantar dari Dukuh setempat sesuai permohonan jenis surat dengan membawa dokumen surat KK/ fotocopy KK dan KTP/fotocopy KTP.
  2. Dukuh membuatkan surat pengantar sesuai keperluan pemohon
  3. Masyarakat pemohon datang di Bagian Layanan Terpadu di bawah Kaur Tata Laksana/ Kaur TU Umum di loket yang tersedia dengan membawa pengantar dari Dukuh dan melampirkan fotocopy KTP/KTP.
  4. Petugas layanan menerima berkas permohonan dan cek kebenaran/kelengkapan data serta berkas permohonan.
  5. Berkas yang telah lengkap diserahkan di bagian input data di aplikasi pelayanan terpadu selanjutnya di print dan dimintakan pengesahan oleh Lurah atau pejabat yang didelegasikan.
  6. Sedangkan untuk pelayanan legalisasi/ rekomendasi pemohon langsung datang di loket pelayanan terpadu dengan membawa dokumen KK/ KTP tanpa pengantar Dukuh.
  7. Surat sesuai permohonan yang telah disyahkan oleh Lurah atau pejabat yang dilegasikan langsung diserahkan pemohon dan sebelum meninggalkan loket layanan agar cek terlebih dahulu sebelum meninggalkan tempat.
  8. Pelayanan di Kalurahan/ Desa selesai.
  9. Pelayanan yang berupa pengaduan masyarakat disampaikan secara tertulis atau lisan yang disampaikan kepada petugas yang akan ditindak lanjuti sesuai bidang dan ketugasannya.
  10. Pengaduan yang disampaikan secara lisan, ditulis di buku pengaduan dan ditanda tangani oleh pengadu dan petugas layanan.
  11. Penyelesaian pengaduan masyarakat diputuskan oleh Tim dan hasilnya disampaikan langsung kepada pengadu atau lewat Dukuh setempat.
  12. Kalau tanggapan atas pengaduan masyarakat belum/ tidak diterima oleh pengadu, pihak pengadu bisa mengajukan tanggapan yang berupa penjelasan dan permohonan.
  13. Kalau juga hasil belum diterima oleh pihak pengadu, pihak pengadu dan Pemerintah Kalurahan dapat membentuk/ menunjuk mediator yang disepakati atau langsung meneruskan ke pihak berwajib.

Komentar atas PELAYANAN TERPADU SISTEM APLIKASI CEPAT

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar