PROGRAM INOVASI PELAYANAN ADMINDUK "LUKADESI" MARGOAGUNG

Admin Margoagung 09 Maret 2022 13:54:38 WIB

MARGOAGUNGSID. Pada hari Senin 07 Maret 2022 dilakukan penyampaian akta kematian, KTP el dan Kartu Keluarga (KK) kepada ahli waris almarhun Tukimin alamat Gatak Watukarung Margoagung Seyegan Sleman lewat program LUKADESI dan  Margoagung telah berjalan rutin seperti hari - hari sebelumnya.

PROGRAM LUKADESI adalah program inovasi layanan administrasi kependudukan kepada warga masyarakat yang diprakarsai Dinas Dukcapil Sleman. PROGRAM LUKADESI (KeLUarga BerduKA DEsa SIaga)  adalah khususnya memberikan fasilitas layanan akta kematian kepada warga yang baru aja meninggal dan langsung dapat disampaikan pada hari itu juga bersamaan upacara pemakaman. Di Kalurahan Margoagung program Lukadesi ini dipadukan sekalian dengan program perubahan KTP el dan Kartu Keluarga (KK) ahli waris bekerja sama dengan Dukcapil Sleman dan Kapanewon Seyegan. Dalam pelaksanaan pembuatan akta kematian langsung oleh Dukcapil Sleman sedangkan Kartu Keluarga (KK) dan KTP el oleh Kapanewon Seyegan dan masing – masing pihak sangat mensuport terselenggaranya inovasi layanan dalam rangka memaksimalkan pelayanan adminduk kepada masyarakat.

Bapak Djarwo Suharto selaku Lurah Margoagung dalam sambutan dan penyerahan akta kematian, KK dan KTP el menyampaikan bahwa pelayanan adminduk ini adalah salah satu bentuk upaya Pemerintah Kalurahan Margoagung, Dukcapil Sleman/ Kapanewon Seyegan untuk memberikan peningkatan pelayanan kepada masyarakat khususnya yang berkaitan pelayanan administrasi kepndudukan.

Sugiyatna,SH,MAP selaku Kaur Tata Laksana Kalurahan Margoagung menyampaikan tentang prosedur dan persyaratan, “bahwa masyarakat/ pemohon layanan mengajukan permohonan dengan prosedur dan persyaratan adalah sebagai berikut : “

  1. Pemohon ahli waris/ Dukuh/ RT/RW atau masyarakat mengajukan permohonan dengan diawali mengirim foto/ JPG dokumen persyaratan ke petugas kalurahan lewat Whatshap (WA) yang disiapkan pada saat peristiwa atau maksimal 2-3 jam sebelum acara pemakaman.
  2. Persyaratan fisik untuk dikirim ke petugas kalurahan pada hari itu juga untuk syarat pengambilan/ laporan ke Dukcapil Sleman/ Kapanewon Seyegan.
  3. Persyaratan permohonan akta kematian terdiri dari fotocopy KK/ KTP el yang meninggal, fotocopy KK dan KTP el salah satu ahli waris, fotocopy surat nikah yang meninggal, fotocopy KTP pelapor dan 2 (dua) orang saksi, surat kematian dari RS/Kepolisian (kalau ada). Untuk form lain (F-2.29, surat kuasa, pelaporan kematian) disiapkan petugas kalurahan.
  4. Persyaratan permohonan perubahan elemen data KTP el adalah KTP el asli, fotocopy KK, dan untuk form lain ( form F-1.02, permohonan penerbitan KTP el) disiapkan petugas kalurahan.
  5. Persyaratan perubahan Kartu Keluarga (KK) adalah KK asli. Untuk form lain (F-1.02, F-1.16, F-1.01) disiapkan petugas kalurahan.
  6. Setelah Dinas Dukcapil Sleman dan Kapanewon Seyegan memberitahukan dokumen sudah jadi/ siap dicetak, maka petugas kalurahan menindak lanjuti dan selanjutnya disiapkan untuk penyerahannya kepada ahli waris tiga dokumen kependudukan sekaligus yaitu akta kematian, KTP el dan KK.
  7. Bukti foto penyerahan akta kematian, KK dan KTP el selanjutnya dikirim WA ke Dinas Dukcapil Sleman dan Kapanewon Seyegan sebagai laporan.

Untuk peningkatan pelayanan administrasi kependudukan perlunya partisipasi semua stake holder termasuk pemahaman dan kesiapan semua perangkat desa, RT/RW dan warga masyarakat untuk siap membantu memberikan informasi/ laporan setiap perkembangan/ perubahan kependudukan kepada petugas.

 

(masgie)

Komentar atas PROGRAM INOVASI PELAYANAN ADMINDUK "LUKADESI" MARGOAGUNG

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar