MUSYAWARAH KALURAHAN PERUBAHAN BUMDES/ BUMKAL MARGOAGUNG

Admin Margoagung 25 April 2022 10:54:11 WIB

MARGOAGUNGSID. Rabu, 20 April 2022 dilaksanakan Musyawarah Kalurahan (MUSKal) Perubahan Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMKal) Karya Manunggal Margoagung dalam rangka menyesuaikan adanya regulasi baru yaitu PP Nomor 11 Tahun 2021 tentang BUMDES dan Permendes PDTT Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pendaftaran, Pendataan dan Pemeringkatan, Pembinaan dan Pengembangan, dan Pengadaan Barang dan/ atau Jasa Badan Usaha Milik Desa.

Dalam PP Nomor 11 Tahun 2021 disebutkan bahwa BUMDes harus berbadan hukum dengan sertifikat yang dikeluarkan oleh Kementerian Hukum dan HAM RI. Materi yang menjadi persyaratan kelengkapan pendaftaran disiapkan dalam Musyawarah Desa/ Kalurahan yaitu Peraturan Desa/ Kalurahan tentang Perubahan BUMDes/ BUMKal termasuk perubahan AD, besar penyertaan modal serta program kerja pelaksana operasional.

Bapak Sigit Praptono,S.T selaku Ketua BPD/ BPK Margoagung dalam sambutan pengantar dalam pelaksanaan Musdes/ Muskal menyampaikan, karena Bumdes Margoagung telah berdiri sejak tahun 2016 maka dalam Musdes/ Muskal ini disebut Musdes/ Muskal Perubahan BUMDes dengan ditetapkan Perdes/ Perkal sekalian AD, program kerja dan penyertaan modal. “Dalam Musdes/Muskal kali ini juga sekalian ditetapkan jajaran pengelola BUMdes/BUMKal yaitu Penasihat, Pengawas serta Pelaksana Operasional yang terdiri Direktur, Sekretaris dan Bendahara”, lanjut Ketua BPD/ BPK Margoagung dalam pengarahannya.

Bapak Djarwo Suharto selaku Lurah Margoagung dalam sambutannya juga menyampaikan terima kasih kepada Tim Perekrutan Calon Tim Pengelola BUMDes/ BUMKal Margoagung yang membantu dalam menyiapkan calon Penasihat dan Calon Pelaksana Operasional sehingga sangat membantu dalam kelancaran pelaksanaan Musdes/ Muskal Perubahan BUMDes/ BUMKal Karya Manunggal Margoagung. “ Nantinya calon Pengawas dan Calon Pelaksana Operasional yang telah disetujui di Mudes/ Muskal ini akan kami tetapkan dengan Keputusan Lurah”, tandas Lurah margoagung.

Saudara Sartono, S.Pd.T selaku Ketua Panitia Musdes/ Muskal Perubahan BUMDes/ BUMKal Karya Manunggal mengumumkan hasil musyawarah yaitu :

  1. Ditetapkannya Perubahan BUMDes/ BUMKal Karya Manunggal Margoagung dengan ditetapkannya Peraturan Kalurahan Margoagung tentang Perubahan BUMKal Karya Manunggal Margoagung.
  2. Ditetapkannya Anggaran Dasar BUMDes/ BUMKal Karya Manunggal Margoagung.
  3. Ditetapkannya besaran penyertaan modal BUMDes/ BUMKal Karya Manunggal Margoagung yaitu sebesar 51% untuk penyertaan modal Kalurahan dan sebesar 49% untuk penyertaan modal dari masyarakat.
  4. Ditetapkan susunan personil pengelola BUMDes/ BUMKal Karya Manunggal Margoagung 2022- 2027 adalah :
  5. Penasihat : Djarwo Suharto       ( Lurah           )
  6. Pengawas                    : R. Edi Yulianto                   ( Ketua           )

        Anggota Pengawas       : Imam Santosa, S.H            ( Anggota       )

  1. Pelaksana Operasional :
  • Direktur     : Suparja, S.P
  • Sekretaris  : Diyan Widyasari, S.Sos
  • Bendahara :Hening Ratnasari, SE
  1. Ditetapkan program kerja pelaksana operasional tahun 2022.
  2. Untuk ART dibuat Direktur dengan dikonsultasikan Penasihat dan Pengawas.
  3. Seluruh materi hasil Musdes/Muskal untuk selanjutnya diinput di aplikasi pendaftaran badan hukum kementerian yang bersangkutan paling lambat 14 Mei 2022 (batas waktu dari tanggal pendaftaran nama BUMDes/BUMKal).

 

Mudes/ Muskal Perubahan BUMDes/ BUMKal Karya Manunggal ditutup dan dilanjutkan buka bersama.

(masgie)

Komentar atas MUSYAWARAH KALURAHAN PERUBAHAN BUMDES/ BUMKAL MARGOAGUNG

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar