MERTI DESA MBAH BREGAS KALURAHAN MARGOAGUNG

Admin Margoagung 08 Juni 2022 19:35:55 WIB

MARGOAGUNG (SID) - Merti Desa Mbah Bregas Kalurahan Margoagng Kapanewon Seyegan Kabupaten Sleman tahun 2022 terselenggara dengan lancar. Agenda kegiatan terselenggara dari Rabu 1 Juni 2022 s.d Jum’at, 3 Juni 2022 dengan mata kegiatan pengajian akbar, ziarah kubur, upacara adat, pentas seni, kenduri agung, kirab budaya dan pagelaran wayang kulit sehari semalam.

Tingkat partisipasi masyarakat cukup tinggi, terbukti antusiasme masyarakat untuk ikut dalam pentas seni, berduyun – duyun hadir ikut menyaksikan setiap agenda kegiatan, ikut bergotong royong berswadaya dalam bentuk pendanaan, konsumsi dan tenaga. Dalam agenda kegiatan kirab budaya juga cukup menyedot perhatian masyarakat dan pengunjung pada umumnya dari tempat keberangkatan di lapangan SMA N 1 Seyegan sampai tempat tujuan di Balai Ringin Mbah Bregas di Ngino Margoagung dengan jarak sekitar 2 km bertumpah ruah penonton.

Menurut penjelasan dari Ketua Panitia Bapak Sigit Praptono,S.T bahwa Kirab Budaya ini diikuti oleh 9 bergodo keprajuritan dan 8 grup kelompok masyarakat/ instansi dengan membawa gunungan dan symbol/ identitas kelompok/ grub masing- masing. “Untuk acara kenduri agung dapat menampilkan sejumlah 120 paket kenduri ditambah paket utuh kenduri yang diadakan oleh masyarakat Ngino dan panitia sehingga jumlah keseluruhan sekitar 180 paket kenduri,” tambahnya.

Ibu Endang Widuri selaku wakil dari Dinas Kebudayaan DIY yang hadir dalam acara prosesi upacara adat Mbah Bregas/ Kirab Budaya mengapresiasi bahwa acara Merti Desa Mbah Bregas adalah cukup berhasil dengan tingkat partisipasi masyarakat cukup tinggi dan penyelenggaraan cukup tertib. “Upacaa Adat Merti Desa Mbah Bregas agar kedepannya disiapkan yang lebih baik lagi dengan penataan acara yang lebih rapi’, lanjut pesannya.

Bapak Djarwo Suharto selaku Lurah Margoagung menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya Upacara Adat Merti Desa Mbah Bregas tahun 2022, dan berharap agenda Merti Desa Mbah Bregas ini untuk diteruskan dan ditingkatkan agar benar- benar menjadi sarana untuk perubahan segala hal yang lebih baik bagi masyarakat termasuk aspek budaya dan kesejahteraan pada umumnya. Dikesempatan yang lain Bapak Djarwo Suharto juga menyampaikan bahwa sosok tokoh Mbah Bregas ini sudah diyakini turun temurun semenjak jaman sebelum Indonesia merdeka oleh masyarakat Kalurahan Lama Ngino khususnya dan sekarang masyarakat Margoagung pada umumnya adalah sosok tokoh yang pantas ditauladani, beliau sosok penolong, pembimbing dan penyi’ar agama bersama Sunan Kalijogo pada waktu itu.

Bupati Sleman Ibu Dra. Kustini Sri Purnomo yang hadir di Prosesi Upacara Adat Merti Desa Mbah Bregas juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Margoagung yang dengan kebersamaannya bisa menyelenggarakan acara Merti Desa ini, dan berharap semoga bisa dilestarikan dan bisa mengangkat ekonomi masyarakat. “Covid mulai reda dan semoga lekas selesai dan kegiatan masyarakat pulih kembali termasuk kegiatan pariwisata dan budaya,” lanjut sambutannya.

Dalam puncak acara Kirab Budaya Merti Desa Mbah Bregas dihadiri oleh Bupati Sleman, Asek 1 Sleman, Kepala Dinas Kebudayaan DIY dan Sleman, Anggota DPRD DIY dan Sleman, Monitoring Desa Budaya DIY, Panewu Seyegan, Kapolsek, Danramil Seyegan dengan undangan tamu dari unsur semua Pamong Kalurahan Margoagung, Pengurus LKK, Kepala Instansi di Wilayah, Donatur/ pengusaha wilayah, Lurah se Seyegan dan tetangga dan tokoh masyarakat/ tokoh budaya lainnya.

(masgie)

Video kegiatan :

https://youtu.be/Mxn-sDlSmnU 

https://youtu.be/4cjSrX_ae5Y 

https://youtube.com/shorts/YFlKHi5yyRU?feature=share

https://youtu.be/gzxg1kwVasc 

Komentar atas MERTI DESA MBAH BREGAS KALURAHAN MARGOAGUNG

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar